Kehamilan

Persiapan buat anak part 1

08.26


Tak terasa waktu cepat sekali berlalu… gw uda masuk ke trisemester 3… flashback lagi selama trisemester 2, inget2, pas di kandungan 4 bulan, perut uda buncit, tapi blm terlalu keliatan, smpe di 5 bulan jg, padahal uda 10 kg naiknya… blom keliatan mbulet, org2 yg suka ngejudge, pasti komen, blg… ko kecil… ampe di bulan 6 juga gtu, di bilang harusnya kalo 6 bulan perut uda bulet smpe mentok bagian bawah payudara. Hufttt… lah piye, lemak gw dikit kali… nihya, maap2 aja ya… emg kalo perut gede uda pasti bayinya gede? Blom tentu siss… mungkin gede yang lain… eh .. apa tuh.. hmmm
masi jaman apa banding2in kehamilan, emg dikata hamil tu kompetisi apa, in baru hamil, tar kalo lahir apa tau….”kok belum bisa merangkak?”, kok belom numbuh gigi?” kok bgini ko bgtu.. au amat.. siap2 dah gw tutup kuping.. heran… Kalo perkembangan bayi g sama ama yg lain, di bilang cem macem. Hufttt. Untungnya si banyak bu ibu muda yg uda melek ya bu, klo perkembangan tiap anak g bsa disamaratakan J oke abaikan… ada yang lbh ptg yg mau gw bahas, (menurut gw ya)

Walo baru semester 2, gw uda browsing macem2, dari perlengkapan bayi yang dibutuhkan (yang emg kebutuhan pokok), mau lahir dimana (yang bikin gundah gulana), sampe baca tentang persiapan dana pendidikan anak. kayaknya banyak juga ya ibu2 muda kayak gini ya, excited hehe smpe nycil beli perlengkapan ini itu duluan (kayak gw heheh…) kenapa ko nyicil, biar gw bisa pertimbangin mateng2, penting ga si, worth it ga, soalnya kan masi banyak post2 dana lain yang juga kudu dipersiapkan…jd kudu dipertimbangkan mateng2 pengeluarannya.. salah satunya itu, dana pendidikan anak…

Ya ilah, belum lahir uda mikirin dana pendidikan aja, eh sis… percayalah inflansi tiap tahun uda pasti naik sekitar 10-20%... Kalo mau sekolah yang bagus, biasanya “bagus” pula biayanya… uang gedung misalnya, pas mau masuk SD, kalo kita uda ada persiapan dari bayi lahir, jadi dana sekolah ketika anak masuk SD seengaknya uda aman dan ga terasa berat nabung kalo dibanding baru nabung setahun atau dua tahun menjelang anak mau sekolah. Misal, target uang gedung 15 juta. Kalo di persiapakan dalam waktu 6 tahun, kita bisa nabung 250ribu/bulan… coba kalo baru dikumpulin dalam 2 tahun, bisa 625ribu/bulan… iya itu juga kalo uang gedung 15 juta. Kalo lebi.. belum uang spp… mana belum lagi kenaikan harga lain kayak kebutuhn rumah tangga… ya kaaan?

Better persiapin dana pendidikan dimana? Tabungan berencana, Deposito, Reksadana (RD) atau asuransi pendidikan?  Bebas ya, kalian bisa obsrvasi dulu yang cocok dengan kalian… kalo gw mungkin akan di RD… kok RD? hehe silakan browsing google aja sis, kenapa salah satu persiapan dana pendidikan yang lumayan bagus it RD… banyak ko yang bisa bahas detail, kalo gw bahas, tar ada yang salah lagi… :D bukan berarti yang lain ga bagus, kan bagusnya gw blm tentu bagus di kalian… ye gaaa?

Kalo asuransi pendidikan, setau gw yang bagus asuransi jiwasraya (untuk jangka sangat panjang), kalo untuk misal 5-6 tahun, itu agak berat, soalnya dana yang keluar itu pertahap, misal ketika anak masuk SD, keluar 10%, SMP sekian persen. Sampe lulus SMA.(kita bayar cuma smpe SMA) Baru deh pas kuliah dapet uang saku perbulan selama 5 tahun (ini benefit yang gw maksud jangka panjang)… gw asumsinya gini, kalo misal gw pas lahiran gw masukin bayinya, nah pas 6 tahun kemudian, keluar bertahap 10% dari uang dana asuransi gw, mungkin kurang lebih sekitar 3 atau 4 juta kalo misal total dana gw yg gw masukin 40 juta… nah… buat uang gedung kalo mau yg sekolah bagus kan kurang… masa eike ngumpulin dana mendadak lagi. Waduh bayanginnya kayaknya gak deeh… tapi untuk jangka panjang oke sih… cm g cocok sm pemasukan dan planning Rumah Tangga kami… g cocoknya itu dalam jangka waktu 5-6 tahunnya… karena kami freelancer, ngeri2 aja kalo kudu backup dana uang gedung yang harus dikumpulin dadakan, soalnya kan kami berdua freelance… harap baca sekalii lagi FREELANCE… taulah ya… cair gaji freelance itu….LAMA…. That’s why yang pasti2 aja target uang kekumpulnya… gitaar, bukan berarti asuransi pendidikan g bagus yah…
gambar dari google

Terus, gimana kalo tabungan berencana, atau deposito, atau sukuk kak… ? ini termasuk kelompok pengumpulan dana yang aman, tapi kalo di deposito misal, pajak deposito yang gw tau kalo g salah 20%... kalo sukuk 15%... ya menurt gue si potongannya gede buanget… (bagi gue sih gede ya, g tau bagi kalian : D) mending akiika simpan ke koperasi dah…

Ya kira2 begitulah, lebih baik sedia jas ujan sebelum badai.. piuhh..

Terus persiapan dalam jangka dekat gimana? Biaya lahiran? Mau lahiran dimana? Beli perlengkapan buat lahiran apa aja? Nah ini gw masi filter sih , asli bikin gundah gulana… misal… beli clodi(cloth diapers) atau gak? Hmm…aaak gw bikin di next post aja yaa. Kepanjangan… kalo bu ibuk apa aja sih persiapanya menyambut baby?

You Might Also Like

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

SUBSCRIBE

Like us on Facebook